Thursday, September 18, 2014

There's A Story Behind A Cake

Kalau dipikir-pikir, seru juga ya pekerjaan saya yang sekarang ini.  Sama aja seperti waktu ngantor dulu.  Tetep aja ada dead line dan tugas mendadak disaat injury time (read : mepet).  Belum lagi ngadepin customer yang rewel dan macem-macem permintaannya, sama seprti waktu ngadepin boss yang maunya macem-macem tapi waktu dan keuangan terbatas. hadeeeeeh.....
Berikut ini beberapa kerjaan yang udah lama tapi baru sempet di posting.  Maklum...sibuk heheheee....

Cake Sepeda Herlambang

BDCK Sepeda

Cake ini buat Suaminya mbak Hana dan papanya Nisa.  Namanya Herlambang, tapi minta ditulis Daddy (ayah) sebagai panggilan kesayangan.
Base cakenya coklat kopi kapucino.  Waktu bikin cake ini sempat ketar ketir juga, soalnya saya salah pake bahan buat melukis sepedanya.  Seharusnya saya pakai DCC (Dark Cooking Coklat) yang dilelehkan, tapi saya malah nekat pakai coklat pasya yang buat filling donat hehehee.... alhasil "lukisan" saya nggak mau beku di suhu ruang.  akhirnya saya masukkan freezer supaya set.  Alhamdulillah berhasil. Tapi hal ini malah bikin cover buttercream yang warna putihnya berembun... :-( pelajaran deh...nggak lagi-lagi pake coklat pasta buat "melukis" hiks....


Dekor 5 menit beres

BDCK kitkat w/ M & M
Ini yang pesen bener-bener doyan coklat.  base cakenya coklat, fillingnya cream vanilla tabur oreo.  Dekornya alhamdulillah, nggak butuh tantangan.  Cukup 5 menit bahkan kurang buat nempelin kit kat, astor & taburin coklat M & M nya. :-)


Baju Sianghai Si Hello Kitty

BDCK Hello Kitty in Shanghai Dress

Pusing ngak sih dapet orderannya begini :  "Cake coklat temanya hello kitty pakai baju Shanghai sedang bermain di taman bunga yang rindang".  Hadeeeh....seperti inilah yang bisa saya tampilkan.  Saya nggak suka yang rame, jadi menurut saya ini sudah keramean.  Tapi yang pesen bilang "kurang rame" hiks.....sorry ya buuu....

Rok Barbie Kekecilan

Barbie cake gagal :-(
Ini bukan pesanan orang.  Cuma saya iseng aja pingin nyoba bikin barbie cake. Berhubung nggak punya loyang rok barbie, saya pakai loyang 3 buah loyang yaitu loyang bulat ukuran 16 cm, mangkuk alumunium, dan cup muffin.  Waktu saya susun 3 loyang itu dan saya ukur panjang kakinya sih cukup....paaass banget.  Tapi....setelah cakenya di bake, ternyata mimpes....!!! hiks...
Jadilah roknya cuma bisa nutupin kaki barbie sampai ke atas lututnya.  Jadilah saya tambah pake pancake buat roknya itu.  Si pancake saya lumuri coklat dan taburin trimits warna warni.  Begitulah hasilnya.  Jadi aneh ya rok si barbie itu....heheheee.....

Foundant Pertama dan Salah Kaprah

Hi 5 BDCK

Cake dengan hiasan buttercream yang saya kombinasi dengan fondant. Benar-benar pengalaman pertama pake fondant.  Nggak punya peralatannya.  Cuma pake paralon buat menggilas, kertas VS buat mencetak dan pisau kecil buat potong fondantnya.
Karena pertama kali, saya nggak yau kalau ternyata fondant itu bermusuhan dengan udara dingin.  Nah karena saya ngak tau...saya masukin ke frezzer supaya bentuk2 dekornya set.  Ternyata....dia memang set, tapi begitu di tempel ke atas cake, dia langsung berembun dan bikin fondatnya jadi lengket dan mengkilat.
Tapi.....menurut saya, karena salah kaprah ini malah bikin cakenya jadi cakep deh...karena fondantnya jadi megkilat jadi shiny gitu deeeh.....dan customer puas banget heheheee..... 


Ini Kue Sus Loooh...

Sus  Coklat Agogo

Waktu customer pesan dan menujuk gambar cake ini, saya bekali-kali menjelaskan bahwa ini adalah kue sus, bukan cake seperti biasa.  Customer tertarik dengan gambar sus agogo yang saya buat ini, maka dia pesan untuk ulang tahun istrinya. Tapi bentuknya minta diubah menjadi kotak (di gambar saya sus agogo ini bentuknya bundar).  Alhamdulillah isteri dan keluarganya menyukai kue ini karena krim fillingnya ukan seperti krim kue sus biasa, tapi cream vla napoleon ala saya yang terbuat dari fla susu, selai coklat dan buttercream.


Keukeh Maunya Coklat Strawberry

Strawberry Chocolate Cake

Pesanan simpel dari seorang oma buat anaknya yang merayakan ulang tahun pernikahannya.  Dia hanya minta kue coklat strawberry, karena anaknya sangat suka dengan coklat dan strawberry.  Maka saya buatkan cake coklat yang saya isi dengan buttercrean rasa strawberu dan taburan buah strawberry cincang di dalamnya.  Hiasannya juga tidak terlalu rumit, hanya pagar coklat dan coklat bubuk yang saya taburkan di atasnya.

Pesanan Rahasia

Black Forest Love Cake

Cake paling klasik menuut saya adalah black forest.  Tetapi belakangan ini black forest sering dijadikan base cake untuk kue ulang tahun dan dihias beraneka ragam sehingga tampilannya sudah tidak klasik lagi.  Pesanan ini dari Ce' Mia, sepupu saya untuk ulang tahun ibunya (Uwa saya) dan Adlia, anaknya.  Pada saat pesan, ce mia bilang ini rahasia, ngak boleh bilang siapa-siapa sekalipun itu ibu dan ayah saya sendiri hahahaa.... Ternyata bibi saya dan sepupu saya yang lain udah pada tahu kalau ce mia pesen kueke saya untuk ulang tahun Uwa dan Adlia. Udah nggak rahasia lagi deh.....hhhhhf....

Delivery pertama

lapis surabaya cover kitkat & M&M

Pesanan dari seorang kenalan yang nggak tawar menawar lagi soal harga.  Langsung OK begitu saya sebutkan harganya (yang menurut sebagian orang mahal).  Seneng banget....! apalagi ybs tidak masalah dengan ongkos kirim yang cukup mahal.  Dan senangnya lagi, ybs sangat puas dengan cake ini :)

(Hanya) 4 Jam Saja

hello kitty cake

Biasanya saya bikin aturan masalah order kue ulang tahun yaitu maksimal 2 hari sebelum hari H.  Tujuannya supaya saya bisa persiapkan bahan-bahan maupun dekorasinya. Tapi apa boleh buat, nggak bisa nolak karena yang pesan tetangga.  Pesannya jam 4 sore dan mau dipakai jam 8 malam...! untung aja masih ada stok bahan-bahannya.  Langsung kocok adonan cake, panggang dan hias....:-D


Another Big Cake

vanilla chocolate fruit cake

Pesanan kedua dari customer yang sama.  Cake ukuran 30x30.  Seperti biasa, kalau dapet order cake ukuran di atas 24 cm, selalu pakai cara sambung menyambung menjadi satu hahahaaa....

Puding Segar, Cocok Buat Tua Muda

Pudding lapis mangga

Puding segar pesanan kedua dari customer yang sama.  Sebenarnya buat puding itu mudah kok, tapi kalau yang males bikinnya, silakan pesan ke saya yaa.....heheheee....


Figurine Perdana

Thomas the train

Hihihiiii.....jadi juga nih kereta thomas modal nekat.  Untung masih inget waktu mainan lilin di TK dulu, jadi bikin kereta dari fondant, anggap aja bikin  pake lilin mainan.  Alhamdulillah jadi juga figurine fondant pertama saya heheheee...

Big Cake with a Low Cost

Soccer cake

Ada yang pesan cake temanya sepak bola tapi dengan budged cake ukuran 20x20 cm. Hadeeeh...nggak mungkin dong saya bikin lapangan sepak bola tapi bentuknya bujur sangkar...? Akhirnya tetap saya buatkan dengan budget yang diminta customer.  Tapi...kalau biasanya cake saya itu ada 3 layers, saya buat cake 2 layers saja.  Caranya, tetap menggunakan loyang 20x20x7cm.  Belah melintang 3 bagian.  Yang 1 bagian di belah dua, kemudian di tumpuk dan diletakkan di samping 2 layers yang lainnya, sehingga akan menghasilkan cake yang berukuran 20x30 cm.  Jadi deh lapangn sepak bola heheheeee.....

Ice Cream Chocolate Pelepas Lelah

chocolate pancake ice cream
Ini salah satu dagangan saya di warung, sekaligus juga jadi makanan favorit saya di saat lelah dan bad mood.  Abis makan ini, mood naik lagi deh....heheheeee...

No comments:

Post a Comment

Thanks for visit