Sunday, December 22, 2013

Pancake Tanpa Telur & 3 Saus Pelengkapnya

Resep ini saya buat gara2 nggak ada persediaan telur di rumah, tapi kepingin makan pancake.
Mengadaptasi resep dorayaki, akhirnya jadi deh resep ini hehehe... :-)


Pancake Tanpa Telur
By Rachmawati Hidayat

Bahan-Bahan :
300 gram Tepung Terigu
100 gram Gula Pasir
3 sendok makan Susu Bubuk
1 sendok teh Ragi Instant
1/2 sendok teh Baking Powder
1/4 sendok teh Vanili
500 ml Air
1/2 sendok teh Garam
50 ml Minyak Goreng, atau margarine cair


Cara Membuat :
Campur Terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi instant, & baking powder dalam baskom. Aduk rata.
Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil di aduk dengan balloon wisk. Aduk sampai tercampur rata dan tidak menggumpal.
Tutup baskom dengan serbet atau tutup panci. biarkan adonan mengembang (-/+ 30 menit)
Tambahkan garam & minyak goreng. Aduk rata.
Panaskan wajan dadar atau cetakan dorayaki. Jika cetakan sudah panas, masukkan adonan masing-masing 1 sendok sayur.  Masak dengan api sedang sampai muncul "sarang-sarang" dan permukaan agak mengering.
Balik pancake secara perlahan. Masak kembali kira-kira 1/2 menit.
Angkat & sajikan dengan saus topping kesukaan.
Tambahkan ice cream lebih nikmat. Nyummmm..... :-p
Naaah...pancakenya sudah jadi, sekarang tinggal kita buat sausnya.  Di sini saya akan sajikan 3 saus yang sering saya buat.  Biasanya, saya menyajikan pancake ini dengan ice cream.  Anak-anak pasti suka deh...!
Sayangnya....saya belum punya anak....suami juga belum...eeeh...fokus-fokus...
Eheeemmm....Ok, balik lagi ke resep saus dan ngomongin tentang foto-fotonya ya.... :-)

Supaya kelihatan nikmatnya, foto ini sengaja saya buat dengan menambahkan objek es krim coklat & setangkup pancake.  Saya minta tolong Ibu saya untuk menuangkan saus coklat perlahan-lahan, sementara saya mengambil fotonya.

Saus Coklat

By : Rachmawati Hidayat

Bahan-bahan :
200 gram Dark Cooking Chocolate (DCC)
2 sendok makan Tepung Maizena
600 ml Air
2 sendok makan Gula Pasir

Cara Membuat:
Potong-potong DCC, masukkan dalam panci. campur dengan gula & maizena.  Tambahkan air. Aduk.
Masak sampil di aduk terus sampai mendidih.
Angkat & dinginkan. Masukkan dalam botol atau gelas.
Simpan dalam lemari es.

Selanjutnya, saus karamel.  Sebenarnya saya bingung saat pengambilan foto ini.  Nggak tau ojek tambahan apa yang harus digunakan.  Kalau saya hanya ambil foto saus karamelnya saja kok kelihatannya sepi gitu.... akhirnya saya letakkan setumpuk pancake di belakangnya dan sekeranjang buah imitasi.  Mereka terlihat blur, tetapi warna-warninya bisa menambah "kesepian" si saus karamel :-)


Saus Karamel
By : Rachmawati Hidayat

Bahan-bahan :
150 gram Gula Pasir
100 ml Air Panas
2 sendok makan Tepung Maizena
400 ml Air
2 sendok makan Gula Pasir
1/4 sendok teh Garam

Cara Membuat :
Buat karamel dari 150 gram gula pasir.
Apabila sudah mencair, tambahkan air panas & biarkan karamel larut.
Campur Tepung maizena & air. Masukkan ke dalam cairan karamel sambil di aduk rata
Tambahkan 2 sdm gula pasir & 1/4 sdt garam. Cicipi, apabila dirasa kurang manis, tambahkan lagi gulanya. Aduk terus sampai mendidih.
Angkat & dinginkan.
Simpan dalam botol atau gelas.
Masukkan dalam lemari es

Terakhir, Saus Strawberry.  Karena warnanya sudah cerah, saya hanya meleakkan beberapa buah strawberry di sekelililng gelas yang berisi saus strawberry. Hasilnya menurut saya lumayan cantik...!


Saus Strawberry

By: Rachmawati Hidayat

Bahan-bahan :
200 gram Selai Strawberry
2 sendok makan Tepung Maizena
2 sendok makan Gula Pasir
500 gram Air

Cara Membuat :
Masukkan dalam panci : selai, gula, maizena & air. Aduk rata
Masak sambil di aduk sampai mendidih.
Angkat & dinginkan.
Simpan dalam botol atau gelas.
Masukkan dalam lemari es

Selamat Mencoba..... :-)

No comments:

Post a Comment

Thanks for visit