Wednesday, December 18, 2013

My 1'st Butter Cream Transfers's Birthday Cake

Beberapa hari yang lalu di milis NCC ada yang pasang foto Birthday Cake (BDCK) Hello Kitty yang bagus banget.
Saya tanya cara buatnya bagaimana, yang punya bilang pakai cara buttercream transfer.

Nah loh, Apaan tuh BUTTER CREAM TRANSFER...?
Saya juga masih jarang dapet orderan cake, apalagi BDCK.  Biasanya kalau dapet orderan BDCK pasti ganache siram jadi andalan.
Saya bener-nggak tau apa itu buttercream transfer.  Saya ini masih awam soal dekorasi cake.  Saya tanya mbah google, ternyata cara buatnya termasuk mudah kalau gambarnya sederhana ;-).

Hari senin kemarin saya dapet orderan BDCK untuk anak umur 8 tahun. Customer telepon jam 2 siang dan minta BDCK selesai hari selasa jam 8.30 pagi, dan minta gambar minion.  Saat itu saya langsung kepikiran buttercream transfer.  Kan bisa sekalian belajar nih mumpung ada orderan. Akhirnya saya bilang "OK" padahal bahan-bahan di rumah nggak lengkap.
Selain BDCK ybs juga pesan 2 loyang brownies, 3 loyang peanut butter cake & ada pesanan 2 loyang klapertaart & 20 Risoles Sosis MAyo dari customer yang lain untuk hari yang sama.

Mau pergi belanja, lagi nunggu warung.  Akhirnya saya telpon adik saya minta tolong kalo pulang kerja mampir ke TBK langganan saya.
Sambil nunggu adik saya pulang, saya googling cari gambar minion yang paling simpel.  akhirnya nemu gambar minion bentuk kotak.  Saya contek gambarnya, corat-coret di kertas.

Jam 6 sore adik saya sudah pulang, jam 7 malem saya mulai menggambar pake buttercream. Dag-dig dug juga sih...takut nggak jadi.  Selain gambar minion, saya juga bikin nama anak yang ultah pake metode yang sama. Maksudnya mau ditembel disisi depan cakenya.  Selesai gambar, saya masukkan frezzer. Abis itu bikin base cakenya, karena yang paling gampang dan paling saya kuasai butter cake, ya udah saya bikin butter cake rasa moka 3 loyang ukuran 26x26, masing2 pake 2 telur aja.  Layernya saya putuskan pake chocolate ganache, dan nanti bagin atasnya juga akan saya pakai ganache siram andalan.

Jam 10 malam selesai base cake & ganachenya. Cake saya angin2 kan, ganache saya taro kulkas dan Saya pergi tidur. 
Jam 2 pagi bangun, lanjut lagi bikin klapertaart, brownies & PBC. Abis itu saya buat ganache kocok. Untung Risoles sosis mayonya udah saya buat sehari sebelumnya dan udah "aman" di freezer.

Jam 6 mulai ngelayer cake nya. Sisa ganache kocok saya panaskan lagi biar jadi ganache siram.  cake saya masukkan kulkas biar ganache siramnya kering.  Jam 7 buka frezeer ngambil si minion buat di tempel.  Minionnya ternyata berhasil meskipun masih berantakan seperti lukisan anak TK hehehe...dan nggak halus, masih bolong2.  Tapi sedikit puas lihat senyum si minion dan warna kuning gonjrengnya.

Minion BDCK with Butter Cream Transfer Method
Karena belum bisa dekor bikin renda dan bunga2 pake spuit, saya cuma ngandelin piping bag yang digunting kecil ujungnya.  Jadi jenis hiasannya cuma garis-garis aja.  Pas mau pasang tulisan namanya....jegerrrr....ternyata itu huruf terbalik semuaaaa....ya iya laah...wong saya bikinnya normal, kan seharusnya dibikinnya terbalik biar pas dibalik jadi normal...oalaaah....gagal deh... :-(

Mau bikin lagi waktu tinggal 1/2 jam dan customer udah OTW.  Ya sudah lah... minion-minion kecil yang tadinya mau saya tempel di kanan kiri cake, jadi saya tempel di depan buat gantiin nama. Udah gitu warna dasarnya sama ama minionnya :-( seharusnya bakal kontras kalo di situ saya pasang nama yang udah saya buat pake warna biru.  Yaaah....jad beda deh ama rancangan di kepala saya sebelumnya.  Akhirnya, nama saya tulis "tangan" aja di space yang cuma secuil. Pas selesai pas customer dateng.  Alhamdulillah dia senang dengan bentuk BDCK nya :-D



Sore harinya ybs bbm ke saya bilang makasih karena katanya kuenya enak .  Dia bilang kalo anaknya dan teman-temannya pada suka sama kuenya dan mereka pada nambah makannya :-)
Guru-gurunya juga minta kuenya untuk di bawa pulang.
Alhamdulillah....seneeeeeng banget rasanya kalo yang makan kue saya itu suka sama rasanya.  Jadi hilang deh ngantuk & capeknya. :-D



Ini foto BDCK yang saya gabungkan dengan foto kiriman dari customer (foto BDCK dengan lilin & foto anak & teman-temannya yg sedang lihatin kue buatan saya lagi dipotong-potong sama gurunya.

Rasanya tambah sneeeeeng....lihat wajah anak-anak itu yang lagi senyum nungguin guunya potong-potong kue buat dibagi-bagi.  hehehe...

Alhamdulillah yaa Allah....
Thanks for this gift, thanks for the blessing.

*BIG SMILE


No comments:

Post a Comment

Thanks for visit