Thursday, October 9, 2014

Cara Mengatasi Adonan Roti Yang Lengket karena Over Proofing

Biasanya setelah adonan roti selesai diuleni (sudah kalis) perlu kita istirahatkan (proofing) agar adonan tersebut megembang dengan sempurna.  Tetapi kadang kala kita terlalu lama mengistirahatkan adonan tersebut sehingga adonan menjadi sangat lembek dan lengket di tangan seperti getah nangka dan akan sulit dibentuk untuk proses selanjutnya,

Saya pernah, bahkan sering mengalami hal tersebut.  Awalnya, saya atasi dengan menambahkan terigu ke dalam adonan dan juga melumuri tangan dengan terigu dengan maksud agar adonan lebih mudah di pegang dan di bentuk.  Tetapi yang saya lakukan itu ternyata tidak menyelesaikan mengatasi masalah.  Akhirnya saya coba-coba mengatasi hal itu dengan melumuri telapak tangan saya dengan margarine dan ternyata berhasil...!!!

Jadi, sekarang saya tidak perlu risau lagi untuk mengatasi adonan roti yang lengket karena over proofing. Cukup lumuri telapak tangan dengan margarine, dan adonan yang lengket pun bisa kita pegang dengan mudah untuk di timbang per porsi, kemudian di bentuk sesuai selera. :-)

No comments:

Post a Comment

Thanks for visit