Friday, July 4, 2014

Behind The Schene

Ngiri rasanya kalau lihat hasil food photography teman-teman yang udah profesional. Atau bahkan yang belum profesional pun bisa menghasilkan foto makanan yang bagus.  Padahal kalau dilihat mereka cuma asal jepret aja, dengan kamera seadanya dan tanpa properti yang njelimet.

Hhhhhhh....Terkadang bingung juga kalau mau moto makanan yang saya buat.  Ada yang bilang nggak perlu di shoot seluruhnya, asal kelihatan enak aja.  Tapi....kadang-kadang saya malah justru suka banget nge-shoot keseluruhan bagian dari makanan yang saya buat itu.  Terbukti dari foto-foto yang udah saya buat, kebanyakan ngambil seluruh bagian. Hmmmm.... apa karena mind set saya itu makanan buat di jual ya...? jadi si penikmat foto musti tau bentuk dari keseuruhan makanan itu.  Entahlah....selama saya pikir hasilnya enak dipandang dan menggugah selera, bahkan bikin orang bertanya dan penasaran, saya pikir saya sudah berhasil bikin foto makanan alias food photography hehehe.... Egois ya kedengarannya...heheheee....
Ya gitu deh...menuut saya, tekhnik pengambilan gambar ini ya sesuai selera si pemeang kamera.

Banyak teman yang bertanya gimana cara ng-shoot yang baik.  Sejujurnya saya tidak tahu.  Yang penting pesan yang kita inginkan bisa disampaikan lewat frame foto yang kita ambil.  Orang lain yang tidak tahu situasi dan kondisi dibalik layar pasti akan heran kalau tahu situasi dan kondisi yang sebenarnya.

Seperti contoh foto yang saya ambil ini.  Behind the schene nya nggak seperti yang dibayangkan sebelumnya. (menurut komentar teman-teman saya setelah tahu hasil foto dan dibalik layar)

Cake Tape Ketan Hitam

Saya Gunakan tampah sebagai alas dan proprti secangkir teh, garpu kecil, alas bambu untuk menggulung sushi dan selembar kertas alas berenda.

Semua saya letakkan sedemikian rupa.
Foto shooting saya lakukan di teras depan rumah dengan cahaya alami dan kamera Cannon 1100D, cahaya alami dan mode close up (makro)

Behind The Schene
Hasilnya seperti ini.  
Menurut saya, sudah cukup mewakili apa yang ingin saya sampaikan yaitu :
Cake ini terbuat dari tape ketan hitam (terlihat bintik-bintik ketan hitam di potongan cake) dan sangat nikmat jika dihidangkan sebagai teman minum teh :-)
Foto ini tidak diedit sama sekali, hanya saya tambahkan watermark saja.
Cake Tape Ketan Hitam


Proll Tape Keju

Di lantai atas rumah saya, di dekat tempat jemur pakaian, ada kursi tua yang guratan kayunya menurut saya cukup bagus kalau dijadikan background food photography saya.  Lagi pula sinar mataharinya cukup bagus.  Foto ini saya ambil sekitar jam 9-10 pagi, yang katanya merupakan waktu terbaik untuk foto di cahaya alami

Ya sudah, saya cukup menggunakan 3 potong cake yang saya letakkan di atas kertas cup cakes, dan sebagai penambah warna kontras, saya gunakan buah strawberry.

Saya shoot dengan kamera HP android LG Optimus L7 II

Behind The Schene
Hasilnya seperti ini. 
Saya suka karena bisa mendapatkan latar belakang yang blur.  Foto ini pun tidak saya edit sama sekali, hanya saya tambahkan watermark saja.

Semoga bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman pemula seperti saya :-)
Oya, kalau mau resep dan cara membuat kedua cake ini, silakan ubek-ubek page dapur masak saya ya....

No comments:

Post a Comment

Thanks for visit