Sunday, March 9, 2014

Tumis Buncis & Tempe


Masakan pertama setelah perjanjian dengan diri sendiri buat belajar masak beneran. Nggak cuma bisa bikin kue aja, tapi harus bisa masak lauk juga.

Ibu saya bilang yang paling gampang itu masak jenis tumisan. Ok, saya akan belajar tumis-menumis dulu deh.!


Resep saya contek dari sini tapi kata ibu saya musti pake tomat & cabai juga, jadilah saya tambahkan tomat di resepnya. Sehingga resepnya menjadi sbb :

Bahan :
300 gram Buncis
250 gram Tempe
2 siung Bawang Putih
5 siung Bawang Merah
1/2 buah Tomat Merah
2 buah cabai hijau
1 sendok teh Gula Merah
1 sendok makan Saus Tiram
4 sendok makan Kecap Manis
150 ml Air
Garam secukupnya
Lada (Merica)secukupnya
2 sendok makan Minyak Goreng

Cara Membuat :
1.  Potong tempe memanjang
2.  Potong buncis memanjang.
3.  Rajang bawang merah dan bawang putih, tomat & cabai.  Sisir gula merah.
4.  Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan cabai & tomat, aduk sampai tomat layu.
5.  Masukkan tempe & buncis.  Tambahkan air.
6.  Setelah air mendidih masukkan saus tiram, kecap manis, gula merah, garam, merica, aduk rata.
7.  Tunggu sampai buncis matang (berubah warnanya tapi masih garing).  Angkat & Siap dihidangkan.

Semoga teman-teman yang baru belajar masak bisa membuat sajian sederhana ini.

Happy Cooking...! :-)










No comments:

Post a Comment

Thanks for visit