Thursday, January 16, 2014

The Famous Peanut Butter Cake

Saya baru jadi ABG di Natural Cooking Club. Rasanya seneng bisa berbagi bersama teman2 bakulers. Konon resep dari ibu Fatmah, sesepuh NCC ini cetar membahana. Makanya saya coba membuatnya. Takaran resepnya saya ubah menyesuaikan dengan loyang yang saya gunakan. Saya tambahkan juga taburan kacang mete cincang & wijen. Kue ini enak & cocok banget buat teman ngeteh atau ngopi


Bahan-bahan :
Selai Kacang - 125 gram
Margarin - 150 gram
Vanili - 1 sendok teh
Gula Pasir - 350 gram
Telur Ayam - 3 butir
Tepung Terigu Protein Sedang - 300 gram
Baking Powder - 2 sendok teh
Susu Cair UHT - 250 ml

Cara Membuat :
1.  Panaskan oven 180 DC.  Campur Terigu & Baking Powder. Sisihkan
2.  Kocok Selai kacang, margarine & Gula pasir & vanilli sampai mengembang dan pucat. Masukkan telur satu persatu sambil terus di kocok sampai rata & mengembang.
3.  Masukkan tepung terigu & susu cair secara bergantian sambil di aduk rata atau dikocok dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata (saya di kocok pakai mixer)
4.  Tuang dalam loyang tulban diameter (atas) 26 cm yang sudah dipoles margarine & ditaburi terigu
5.  Taburi dengan kacang mede cincang & wijen (optional)
6.  Panggang dalam oven 180 DC, selama 50 menit (atau hingga matang, gunakan test tusuk)

Selamat mencoba...!

Eitssss...
Belakangan ini saya baru tahu bahwa jika cake meletak seperti foto cake saya itu ternyata pada saat memanggang suhunya terlalu tinggi.  Waaah....saya pikir jika cake meletak seperti itu normal-normal aja.

Kata salah satu teman NCC, sebaiknya cake di panggang menggunakan api bawah terlebih dahulu.  7-10 menit sebelum waktu yang ditentukan, baru deh api atasnya dinyalain.
Berkat sarannya ini, cake saya nggak pernah meletak lagi.  hmmm....jadi tambah ilmu baru lagi deh.
Thanks NCC.  Love to be your member ;-)

*cake & foto tsb saya buat di awal Desember 2013

No comments:

Post a Comment

Thanks for visit