Wednesday, January 15, 2014

Beef Garlic Bread

Bikin Roti itu sebenarnya gampang....asal sabar aja nunggu berjam-jam sampai adonannya mengembang hehehe.... Supaya nggak bete nungguin adonan mengembang, nggak usah diliatin....gunakan waktu untuk mengerjakan menu-menu yang lain.  Atau....tidur aja hahahaaa.... :-D

Sering bikin roti manis bosen juga deh....kebetulan ibu saya kebagian giliran ketempatan arisan. Ini saatnya saya bereksperimen.  Saya mau bikinroti isi daging & bawang bombay buat para tamu arisan ibu yang jumlahnya kurang lebih 30 orang.

Bingung mau kasih nama apa untuk resep ini. Ya udah, saya kasih nama beef garlic bread aja deh... :-p
Roti ini saya buat adonannya mulai jam 11 siang, tanggal 11 januari setelah paginya saya heboh dengan orderan BDCK & Cup Cakes Hello Kitty.

Selain roti ini, saya juga buatkan peanut butter cake NCC yang terkenal itu.  Untuk main coursenya saya buatkan corn cream soup & garlic bread sama seperti hidangan untuk ibu-ibu jumantik tempo hari.  Ini permintaan ibu saya, katanya supaya simpel, nggak perlu cuci piring banyak-banyak :-).



Beef Garlic Bread

Bahan Roti :
Tepung Terigu Protein Tinggi - 400 gram
Tepung Terigu Protein Sedang - 500 gram
Gula Pasir - 100 gram
Susu Bubuk - 2 sendok makan
Ragi Instan - 2 sendok teh
Bread Improver - 1 sendok teh
Bread emulsifier - 1 sendok teh
Kuning Telur - 2 butir
Air - 350 ml
Margarin - 100 gram
Garam - 1 sendok makan

Bahan Isi :
Daging Sapi Giling - 250 gram
Bawang Bombay, potong kotak-kotak kecil - 100 gram
Bawang Putih, cincang halus - 3 siung
Lada (Merica) - secukupnya
Pala Bubuk - secukupnya
Saus Tiram - secukupnya
Garam - secukupnya
Gula Pasir - secukupnya

Bahan Olesan :
Daun Bawang, iris halus, untuk taburan - secukupnya
Kuning Telur - 1 butir
Susu Cair UHT - 1 sendok makan

Cara Membuat :
1.  Campur semua bahan kering kecuali garam dalam baskom. Aduk.
Tambahkan kuning telur, aduk sambil di tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus di aduk.
Apabila adonan sudah agak menggumpal (tetapi tidak kalis) hentikan air.
Masukkan margarine & garam, uleni terus sampai kalis & tidak lengket di tangan. Apabila masih lengket, tambahkan terigu sedikit-sedikit.

2.  Bulatkan adonan. letakkan dalam baskom. Tutup dengan serbet lembab. Letakkan di tempat yang hangat. Biarkan sampai mengembang (1-2 jam) *kalau saya, di letakkan di atas magic jar hehehe...

3.  Jika sudah mengembang 2x lipat, kempiskan adonan.  Bagi menjadi bulatan-bulatan kecil seberat 35-40 gram.  Adonan ini akan menjadi 35-40 roti.

4.  Ambil satu bulatan, isi dengan tumisan daging. Tutup, dan bulatkan.

5.  Letakkan di atas loyang bersemir margarine. Beri jarak dengan bulatan lainnya.  Biarkan mengembang 2x lipat kurang lebih 1- 2 jam (bulatan-bulatan sudah saling berdempetan dan bentuknya sudah seperti kotak-kotak)

6.  Panaskan oven 200 derajat celcius, api atas & bawah.  Oleskan permukaan roti dengan campuran kuning telur & susu cair.  Taburkan dengan irisan daun bawang

7.  Panggang dalam oven api atas bawah. (letakan loyang pada rak yang paling bawah) selama 15-20 menit sampai kecoklatan.

8.  Angkat & sajikan hangat.

Bon Apetit ! :-)

No comments:

Post a Comment

Thanks for visit