Monday, December 23, 2013

Sus Chocolate Agogo

Sejak SD saya seneng banget ngumpulin resep-resep kue & masakan.  Sumbernya dari majalah kartini milik tante saya.
Setiap saya ke rumahnya yang jaraknya hanya 2 rumah dari rumah saya, saya selalu "curi" resep dari dalam majalahnya.  Kalau ada bookletnya ya saya ambil, kalau dia di dalam halamannya ya saya sobek terus saya jadikan klipping.

Sampai saat ini semua klipping itu masih ada dan saya jadikan primbon masakan saya hehehe.

Resep ini saya adaptasi dari resep aslinya yaitu "Sus Strawberry Agogo" yang dimuat di majalah kartini nomor 451 terbitan beberapa puluh tahun yang lalu...(nah...loh...!)
Saya ganti strawberrynya jadi coklat, maka namanyapun saya ubah menjadi "Sus Chocolate Agogo"


Pengambilan gambar seperti biasa saya lakukan di luar ruangan.  Makanan saya letakkan di atas meja beralaskan kain putih polos.  Supaya kelihatan isi dan lapisan cake, saya ambil sepotong cake dan di letakkan di piring kecil.  Piring-piring kecil lainnya dan sendok makan di letakkan di belakang.  Buah strawberry di keranjang kecil juga saya jadikan ornamen tambahan agar foto tambah "manis" :-)

Beikut resep cakenya.

Bahan-bahan :
400 ml Air
100 gram Margarine
1 sendok makan Gula Pasir
1 sendok teh Garam
200 gram Tepung Terigu
5 butir Telur Ayam
1 sendok teh Baking Powder
300 ml susu cair
2 sendok makan Tepung Maizena
50 gram Gula Pasir
1 butir Kuning Telur

250 gram Butter Cream
250 gram Selai Coklat
Strawberry untuk hiasan secukupnya
Coklat bubuk untuk taburan secukupnya

Cara membuat :

  • Rebus air, margarine, gula & garam sampai mendidih. Masukkan terigu, aduk hingga rata sampai kalis. Angkat & dinginkan.Setelah dingin, pindahkan ke baskom plastik. Tambahkan baking powder & telur satu persatu sambil di kocok. Kocok sampai menyatu dan halus seperti pasta. Masukkan adonan dalam paping bag.
  • Panaskan oven 200 derajat celcius
  • Semprotkan adonan dalam loyang yang sudah di semir margarine. ( saya pakai dasar loyang pie ukuan 26 cm untuk cetakkannya) Beri jarak pada tiap lingkarannya agar ada ruang untuk mengembang.
  • Panggang dalam oven -/+ 20 s/d 25 menit (cek jika sudah berwarna kecoklatan dan kering bagian bawahnya, angkat)
  • Ulangi sampai adonan habis (dari adonan ini bisa dibuat 4 lembar kulit sus)  Sisa adonan bisa di bentuk sesuai selera untuk hiasan. Panggang -/+20 menit
  • Campur susu cair, maizena, gula pasir & kuning telur. Aduk rata.  Masak hingga meletup-letup. Angkat & dinginkan.
  • Campur butter cream & coklat pasta. Kocok hingga menyatu. Tambahkan vla yang sudah dingin. Kocok hingga rata.
  • Letakkan 1 lembar kulit sus. Oleskan Cream Vla chocolate di atasnya kemudian ratakan.  Tutup dengan kulit sus yang lainnya, ulangi sampai lapisan terakhir.  (sisakan cream vla chocolate secukupnya untuk hiasan)
  • Masukkan dalam lemari pendingin agar set -/+ 30 menit.  Keluarkan dari lemari pendingin. Taburi dengan coklat bubuk (gunakan saringan teh/ayakan tepung).  semprotkan sisa cream vla di atasnya dengan spuit bentuk bintang.
  • Hias dengan strawberry, sisa adonan sus yang sudah matang dan selai coklat.
  • Sajikan dingin lebih enak 
Untuk detail langkah-langkah pembuatannya dapat dilihat di dapur masak.com 

No comments:

Post a Comment

Thanks for visit