Wednesday, December 25, 2013

Agar Hidangan Pasta Lebih Legit Rasanya

Pasta kering seperti spaghetti, fettuccine, pene' dan sebagainya, perlu di rebus sampai al-dente sebelum kita olah lebih lanjut.

Sering kali sisa air rebusannya kita buang.  Padahal air tersebut merupakan air kaldu yang bisa kita gunakan sebagai campuran masakan pasta kita.

Tips ini saya dapatkan dari Chef Arnold Poernomo ketika saya memenangkan kuis yang hadiahnya berupa cooking class bersamanya.

Selain masalah kaldu pasta itu, sering kali kita salah dalam merebus pasta tersebut.  Seperti saya, biasanya pasta saya rebus dalam air mendidih bersama garam dan minyak ataupun margarine.  ternyata yang benar adalah :

Didihkan air dan garam.  Tidak perlu ditambah minyak.  Masukkan pasta setelah air mendidih.  masak sampai al-dente.  Cara mengetahui pasta sudah matang atau belum adalah dengan menggigit pasta dan kita rasakan bahwa pasta sudah matang tetapi masih ada rasa sedikit keras di tengahnya.  itulah yang di sebut al-dente.

Setelah pasta al-dente, angkat pasta dan jangan di buang air nya.
setelah itu, baru pasta kita beri minyak zaitun atau minyak sayur biasa secukupnya kemudian di aduk.  Barulah pasta kita olah, atau bisa juga disimpan untuk diolah beberapa jam kemudian.
Air rebusan (kaldu)nya bisa kita gunakan sebagai tambahan pada bumbu pasta kita.

Kaldu pasta tersebut bisa menambah cita rasa pada pasta yang kita masak.  Pasta akan terasa lebih legit dan creamy.

Saya biasanya menambahkan 50-100 ml kaldu pasta pada olahan pasta seperti aglio oilio, carbonara atau creamy angel hair* per 150 gram pasta yang sudah di rebus.

*nanti resep cremy angel hairnya akan saya share ya...

No comments:

Post a Comment

Thanks for visit